Tuesday, January 20, 2009

Berpakaian ala Pesepeda Gunung (berpakaian bag.2)

dikutip -masih dari- Website B2W Indonesia dan MTB Indonesia

Berpakaian seperti apa dan apa saja yang kita butuhkan untuk memulai bersepeda gunung ?

Berpakaian bukan hanya memperhatikan unsur penampilannya yang bagus (enak dilihat) tetapi harus pula mempertimbangkan, bahwa apa yang kita kenakan sanggup menjaga performa kita lebih baik dan menjamin kenyamanan serta keamanan didalam segala kondisi saat kita bersepeda.

Setidaknya ada beberapa hal mendasar dalam berpakaian yang harus kita perhatikan bila bersepeda gunung :

1.  Kaos/Jersey.     Jersey untuk bersepeda yang baik bisa berlengan panjang atau pendek dan di desain dengan bahan yang mudah menguapkan keringat, biasanya menggunakan zipper (retsleting) 3/4 atau ½ panjang baju dibagian depannya, dan saku dibagian belakang (untuk menyimpan peta atau makanan kecil).  Jersey harus di kenakan diluar bukan dimasukan kedalam celana. 

2.  Sarung Tangan.   Tersedia dua model sarung tangan dengan jari tertutup penuh atau tertutup setengah jari.  Kedua-duanya mempunyai 'pading' di beberapa bagian tertentu yang berguna untuk mengurangi rasa pegal/panas.  Disamping itu juga melindungi tangan kita apa bila kita terjatuh. 

3.  Celana.     Terdapat dua macam celana sepeda, model baggie (komprang) atau lycra (ketat). Kedua-duanya mempunyai 'pading' dibagian selangkanya untuk menghindari pegal/panas. Pilihlah yang sesuai selera dan nyaman untuk dikenakan.    Catatan: sebenarnya ada celana dalam khusus yang ber 'pading',  sehingga dapat dikenakan dengan celana pendek biasa.

4.  Kaos Kaki. Kaos kaki untuk olah raga bersepeda biasanya lebih tipis dibanding kaos kaki untuk olahraga umumnya, dan dibuat dengan bahan yang sama seperti bahan jersey (mudah menguapkan keringat) sehingga kaki selalu kering, selain itu kaos kaki juga melindungi kaki dari lecet karena gesekan dengan sepatu.

5.  Sepatu Sepeda.  Banyak sekali model-model sepatu sepeda mulai dari model casual (sepatu kets sehari-hari) hingga model untuk balap yang ringan.  Tetapi semuanya mempunyai persamaan yaitu 'spd compatible', yang artinya sepatu ini mempunyai sol yang kaku dimana dibagian tertentu terdapat cleats (kaitan) untuk clipless pedal (dimana sepatu terkait ke sepeda).  Sol yang kaku gunanya supaya dapat menyalurkan tekanan dengan baik/konstan ke pedal. 

6.  Helm.   Anda harus selalu mengenakan helm bila bersepeda gunung. Bukan karena semata-mata berfungsi untuk melindungi kepala anda dari benturan ketika terjatuh atau  dari ranting pohon yang menjuntai kebawah,  tetapi penggunaan helm ini juga diharuskan oleh peraturan dimana pun. 

nah, dengan berpakaian yang nyaman dan aman maka bersepeda gunung pun diharapkan menjadi hal yang menyenangkan untuk kita lakukan..

selamat bersepeda.. 




7 comments:

Coklat said...

Satu lagi mas...Kaca mata...biar nggak silau....,padahal.......buat gaya.....

astroz3 said...
This comment has been removed by the author.
CoKlat said...

Iya boss..., yang penting ada sepedanya....., jersey nyusul......

sibiru premier said...

oh iya bos gimana kalo nama komunitas kita pake Indonesia aja misalkan nih ya

Komunitas Pecinta Sepeda Serang = KOPDAR/KOMPAS/KOTASERANG/MUTASE/KPPS bukan KPPU ya

Komunitas Sepeda Gunung Serang = KSGS/KEMPES/KONDANG/KOSENANG

Komunitas Sepedaan Serang = KONSER/KSS/KOMPER

ini misalkan aja biar gampang diingat cuman usul aja bos

CoKlat said...

usulan yang bagus om......
Kita pkai bhs indonesia aja.., sy belum ada usulan om....

Mang Engkus si Premier Cooy said...

iya bos tata cara pemilihan kaca mata .... pemilihan kacamata harus yang jelas, bukan kacamata kuda, bukan kacamata untuk berenang,
menurut PU kaca mata obat ganteng, waktu bersepeda tidak dipakai waktu foto dipakai http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

dan jangan lupa jenis sepeda, sepeda harus yang beroda dua, bukan berida tiga atau empat.http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

Sepeda yang mempunyai gigi depan dua atau tiga belakang 7, 8 atau 9, terutama gigi yang dibawah, gigi atas tergantung yang bawa, gigi ompong pun bisa...http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

sibiru premier said...

asala jangan nekan gigi dibawah udel ntar ga bisa belok hahahah

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons