Monday, January 19, 2009

Situs Banten Bagian ke Tiga

Benteng Speelwijk

Banten Lama memang sarat dengan nuansa Islam. Tapi tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah peninggalan Belanda berupa reruntuhan benteng yang dikenal dengan nama Speelwijk. Adanya beberapa makam dengan bentuk khas Eropa di sekitar benteng melengkapi ciri khas budaya barat di objek misata ini. Lokasi Benteng Speelwijk ini tidaklah terlalu jauh dari Masjid Agung Banten, sekitar 500 meter ke arah utara.
pengen lebih jelasssss, yu mariiii

Meskipun tidak utuh lagi, beberapa sudut benteng ini meninggalkan bentuk bangunan yang masih bisa dinikmati. Pada bagian utara, walaupun tidak utuh tetapi masih dapat dilacak fungsi dan kegunaannya. Ruangan bawah tanah diduga merupakan ruangan yang dipakai sebagai kamar tahanan khusus dan tahanan biasa. Di bagian tembok masih berdiri sebuah bangunan pengintai yang menempel di atas tembok itu. Tembok benteng itu, diduga mempunyai dua fungsi, yakni sebagai pertahanan dan pemukiman. Di salah satu sisinya tampak sebuah lobang bekas hantaman peluru meriam.

Benteng ini didirikan pada tahun 1682, mengalami perluasan pada tahun 1685 dan 1731. Benteng ini untuk mengontrol segala kegiatan yang berkaitan dengan Kesultanan Banten dan juga sebagai tempat berlindung/bermukim bagi orang Belanda. Benteng ini semakin mengokohkan posisi Belanda dalam usahanya memonopoli perdagangan merica yang berasal dari Lampung Selatan untuk kemudian dijual lagi kepada pedagang-pedagang asing yang berasal dari Cina, Malaysia, Arab, India dan Vietnam.

Serang - Banten Lama banyak menarik perhatian. Pesonanya dipicu cerita kejayaan dan kemakmuran rakyat Banten pada masa lalu. Apalagi sisa kemajuan tadi masih bisa dijumpai di beberapa tempat. Alih-alih membangkitkan nostalgia, situs-situs itu justru menuai kritik dari sana-sini. Ini terjadi akibat benda-benda cagar budaya itu tampak dibiarkan kumuh dan tak terurus. Padahal, bila digarap serius situs Banten Lama berpotensi sebagai daerah tujuan wisata arkeologis.

Mungkin rekan Tracker Sependapat kalau seandainya situs ini terurus, mungkin kita akan senang melihatnya, dan akan bangga, so ... apa yang bisa kita lakukan ........? ( premen jeeeeh )

Kita hanya berharap, masih banyak orang yang peduli dengan peninggalan purbakala, ini terpancar dari para tracker dengan gembira bermain sepeda di alun alun timur masjid banten, (apa yang ada dibenak mereka ...? Klik)

Kadang ada hal yang lucu, konyol dan menarik perhatian kita, itulah makna sebenarnya dari kegiatan kita selama ini, banyak tempat yang belum dikunjungi, dan perlu kita lihat, harapannya tidak terlalu besar, cuman memberikan pesan kepada seluruh pejabat, tokoh atau siapapun untuk serius memperhatikan peninggalan Nenek moyang kita.
Mari Kita lestarikan Cagar Budaya Kita


6 comments:

astroz3 said...

..betul juga ya.... jadi inget sama kasus situs majapahit baru-baru ini yang malah dengan sengaja di acak2 .... bahkan sepengetahuan instansi yang berwenang ya... waduh premen jeeeh...

sibiru premier said...

eh pak darno ternyat fosenya imut juga hahahahahahaha kaya Pu

premier hideng oei said...

sama tuh sama komandan andrie lagi apa tuh

Dida FLASH@ said...

Posenya udah bagus-bagus semua, tapi omon-omon, mana record GPS-nya Pak Fery???

Chelski said...

Wat para anggota yang lum ngirim identitas tolong segera dikirim,tks for Mas Dono, Mas Dida & Mas Marsudi yang telah kirim, yang lum kirim atau lum dpt form dapat kirim email ke chelski@sepedaan.com

Tks,...

omiyan said...

bos saya lupa username mas paswordnyanya...kirim lagi ya ke ini aja email yang dipajak

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons