Wednesday, January 07, 2009

TRACK PALING SERU DI AWAL TAHUN 2009 by Arif

Tracking yang dilakukan di awal tahun, 4 January 2009 mengambil jalur JPG-KRAMATWATU-WARINGIN KURUNG-(VIA BINANGUN)-TAKTAKAN

Peserta hari ini masih dihuni sebagian besar peserta tahun baru (1 Jan ‘09), ada 11 orang, yaitu : gw sendiri, om Iyan, pak Totok, neng P-U, kapten Darno, om Dida, pak Irwan, mas Agus, mas Kus, pak Marsudi dan om Hasyim.
Pak Irwan, anggota yang baru gabung, dengan astroz-nya, tinggal di Citra Gading Cipocok, bukan wakil Pajak tapi dari Asahimas.
Pak Fery gak bisa join karma bannya gembos, komendan Andre lagi nyari tukang urut akibat salah urat track 1 jan kemarin, hehe

Poto sebelah dishoot sebelum memulai tanjakan yang sangat panjang dan tinggi, tentunya dengan nuntun sepedanya masing2, pake ilmu mas Yopie :)

Agak siangan start dari KPP Serang, jam 7. Sudah cukup terik, lain kali lebih pagi ya, paling telat jam stgh 7 lah, biar gak kesiangan nyampe rumah. Pada prinsipnya track yang dipilih mirip dengan track 1 january, tetapi ini lebih jauh dan menantang. Sebagai pemanasan tetep jalur JPG, via pasar rau, lewat rumah pak Marsudi dan pak Totok.

Jalur JPG dilibas dengan cepat, karna udah pada hafal kali.. hampir gak ada waktu buat foto2, langsung ke kramatwatu, via tasikardi.

Seperti track 1 jan, tanjakan pertama bisa dilibas oleh semua member. Sampai di puncak isirahat bentar sambil poto2. Setelah tanjakan pertama, tanjakan kedua menantang di depan mata. Kalo 1 jan kmrn, kita ambil kiri lewat jalan tanah dan sawah yg tembus ke kampung cayur, tetapi kali ini akan dilanjutkan jalan aspal ke waringin kurung, setelah berembug tentunya. Tanjakan kedua merupakan lembah, jadi turunan dulu sepanjang 100 m dg elevasi 20 m dan langsung disambut dg tanjakan kedua kira2 150 m dngan elevasi 30 m. Setelah sampai di puncak tanjakan, terjadi incident ban belakang saya bocor, langsung deh di evakuasi dan di opname oleh pak Marsudi. Kesempatan deh buat temen2 yg laen untuk ambil napas, dan mengisi kembali ransumnya. Untungnya tambal ban berjarak 20 m dari lokasi
Thanks buat pak Marsudi beserta toolnya, cuman sayang gak ada lap nya, hehe..

Perjalanan dilanjutkan sampai ke simpang Begog, kalo ke kiri kearah Kp cayur. Sebagai tantangan diambil jalan terus, ke arah waringin kurung. Ternyata track penuh turunan dan tanjakan, bener2 komplet dah, sampai berujung di pertigaan Indomart waringinkurung ??
Sebelum tanjakan terakhir stamina neng P-U sempet drop, dan mesti ambil napas dulu, sementara yang lain menunggu sambil nyeruput teh anget di samping indomart. Neng P-U yang kuat di track pamarayan, kali ini cukup terkuras, sebaliknya om iyan mulai “on”.Salut buat new comer, pak Irwan yang bisa bertahan sejauh ini bahkan sampai di akhir track.

Pertigaan ambil kiri, dan track diwarnai banyak tanjakan dan sedikit turunan. Bahkan pernah mencapai altitude (elevasi dr permukaan air laut) 104 m, sementara indomart pertigaan di altitude 60 m. Bener2 menguras tenaga di segmen ini, meskipun banyak fans anak2 yang manyapa pada kecewa, karena saya dan om Dida masih fokus buat ambil napas dan gak sempet bales say halo-nya.
Neng P-U yang diharapkan istirahat dulu, biar ada kesempatan yang lain juga ambil napas, ternyata malah gak brenti sama sekali sampai di persimpangan Binangun (angkot ngetem+ warung gorengan enak pisan).
Isi perut dulu dengan gorengan dan poto2 dulu.

Opsi belok kiri diambil menurut infromasi para penduduk lebih deket. Mungkin memang sih lebih deket tapi dari pada Binangun lurus, tetapi the real tanjakan baru dimulai. Dengan gaya campuran gowes plus nuntun, juga nyender dulu akhirnya sampi juga di puncak. Bayangin aje track tanjakan sepanjang 1,2 km dengan kenaikan altitude dari 70 m ke 151 m yang ditunjukkan oleh GPS. Lebih parah lagi di track ini hanya bertemu 1 orang saja, lainnya pohon dan batu.

Ternyata tanjakan tersebut langsung dibayar lunas dg turunan panjang sampai bertemu di track 1 jan di jembatan saat om Hasyim jatuh (sorry ya om). Track turunan ini pun cukup bikin sport jantung juga dan dibutuhkan skill yang tinggi karna turunan tajam disertai belokan plus jalan aspal yang penuh krikil, Pokoknya komplet dah. Alhamdulillah semua member sampai di jembatan dengan selamat. Turunan sepanjang 2.8 km kembali ke altitude 70 m

Dilanjutkan ke arah Taktakan dan pulang k rumah masing2 seperti track 1 jan kemarin

Track kali ini adalah rekor jarak terjauh dan terberat, kompleks dan penuh kombinasi. Total jarak tempuh adalah 38.0 km. Kombinasi tanjakan dan turunan cukup ekstrem, seperti profile kontur di sebelah ini:

Berikut perbandingan track 1 jan dan 4 jan

omiyan said...

ini rute paling uenak....hehehe

Anonymous said...

Uenakk tenan, tapi jauhnya bossss
coba kalau ada yang deket ..., itu baruuu enakkkkkk tuenannnnn

omiyan said...

rutenya yang asoy geboy kan bagus juga buat stamina...tapi ane paling ngerinya turunan itu yang ada pasirnya ngeri abis

bos minta alamat buat masuk ke dashbor admin...bisa ga ya biar ta lihat dulu

Sie Topografi said...

yup, palagi turunan di tikungan trakhir sebelum jembatan, gw udah mrasa bakal jatuh deh pasti, bundas, tapi alhamdulillah.
Yang penting tenang, ga panik n jangan terlalu di setir, kita cukup ngimbangin aja

Anonymous said...

ntar minggu besok kita coba rute yang tidak begituuu turun dan naik, tapi cukup untuk fun

mars said...

Mudah2an aja ga ujan boss, hari ini pada ke PCI yah?