Tuesday, June 30, 2009

Pulau Burung Ep. II

Hari minggu tanggal 28 Juni kemarin sedikit agak aneh. Banyak trekker SXC2 yang berlibur bersama keluarga tercintanya. Jadi, sudah bisa diprediksi kalau acara gowes bareng akan sepi. Ternyata memang benar. Pukul 7 saya sampai di meeting point, tiada seorang pun yang hadir. Hanya Pak Nurtim saja sendiri yang ada menemani sambil piket di sana. Beberapa saat kemudian, datanglah Vito, tentunya dengan spiritnya yang tinggi. Inilah kelompok sepeda laki-laki minggu. Mas Agus malah gowes bareng juniornya di alun-alun.

Karena belum sarapan, saya sarapan dulu di lontong sayur Pak Edi di depan Puskesmas Ciceri. Mak nyuss tapi antriannya panjang. Sewaktu enak-enaknya makan, tiba-tiba Rina dan Ai, la femme SXC2, lewat begitu saja dan tidak melihatku. Saya panggil mereka, tiada mendengar. Kemungkinan besar telinga mereka tertutup earphone. Inilah kelompok sepeda perempuan minggu.

Ya sudahlah, saya balik lagi ke meeting point. Di sana sudah gabung om Heppy yang juga bersemangat tinggi, disusul Dodo 1 beberapa menit kemudian. Hari sebelumnya, om Heppy dan vito sudah gowes juga ke RL Cilegon bersama Pak Dudi dan Pak Yusman. Hebat. Inilah kelompok sepeda Sabtu. Vito dan om Heppy saya sebut bersemangat tinggi karena mereka adalah anggota himpunan kelompok Sabtu dan Minggu.

Tepat 7.30 kita berangkat menuju Karangantu via Warung Jaut, Sawah Luhur, dan Kasemen. Karena hanya berempat, kecepatan kita usahakan konstan dan agak cepat. Sayang kecepatan waktu itu tidak terukur. Berapa rata-rata kecepatannya, Vito? Berhenti di pertigaan Sawah Luhur untuk beli minuman di ****mart. Pulau Burung kian mendekat. Setelah berhenti sebentar, perjalanan dilanjutkan kembali untuk mampir dan beristirahat di sana.

Banyak perubahan yang kami lihat sepanjang perjalanan dibandingkan perjalanan episode pertama dulu, antara lain sawah yang dulu sedang dipanen, sekarang sudah menghijau lagi, air irigasi yang dulu bening, koq sekarang keruh ya? Sungai yang biasa digunakan ibu-ibu untuk MCK, sekarang kering-kerontang. Mereka pada mencuci dimana ya?

Di Pulau Burung sekitar pukul 8.30, tiada perubahan berarti. Yang jelas saat itu sedang musim nyamuk karena tidak ada angin laut. Malahan, para nelayan tradisional menebar jalanya dalan jarak sekitar ratusan meter saja dari bibir pantai pulau ini. Di atas jala, burung kuntul siap berbagi rezeki dengan nelayan untuk melahap ikan-ikan yang menggelepar-gelepar. Simbiosis komensalisme. Tampak pula beberapa pengunjung yang datang dengan keluarganya menggunakan motor, menikmati keelokan pantai perawan ini.

Setelah foto-foto walau hanya dengan HP berkekuatan 3,2 MP dan berbincang-binvang dengan Pak Madsai, jagawana disana, kami lanjutkan perjalanan ke arah Karangantu. Namun, karena om Heppy dan Dodo 1 ada acara keluarga, rencana dibatalkan dan kita langsung kembali menuju Serang via Jalan Raya Kasemen-Banten. Kami berusaha tetap spartan memertahankan kecepatan agar selain cepat sampai tujuan, juga memompa persediaan energi dengan maksimal. Kurang lebih jarak 25 km kita tempuh hari itu. Tiga trekker pulang ke arah timur, yaitu Vito ke Panancangan,om Heppy ke Cipocok, dan Dodo 1 ke Ciruas. Saya ke barat sendirian tiada teman, Lontar Baru.

Sampai di rumahku-surgaku sekitar 10.30. Terbilang cepat, karena biasanya kita sampai rumah sekitar dzuhur.

Kesimpulannya, minggu ini kelompok gowes SXC2 ada 3 kelompok, kelompok sepeda Sabtu, kelompok sepeda perempuan minggu, dan kelompok sepeda laki-laki minggu, dan kelompok sepeda asuh anak di alun-alun, terpencar-pencar bagai ayam kehilangan induk hehe….

4 comments:

mars said...

Hebat euy....berempat aja..
Jadi pengen ke pantai lagi..

fLash said...

biar ber4 tetep semangat ;)

fLash said...

saking sepinya, dari jauh ku lihat orang2 berseragam orange di depan KPP. Kupikir anggota SXC2, ternyata petugas kebersihan PU yg lagi berdinas hehe...

johan said...

salam kenal om...
ko dah engga diupdate postingannya...
asyik juga tuh track-2nya

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons