Friday, March 19, 2010

RUMAH HUTAN: GOWES BARENG KAPOLDA BANTEN (I)

Kegiatan sepedaan kemaren dirasa sangat istimewa maklum komunitas SXC2 kedatangan tamu yaitu Bapak Agus Kusnadi selaku Kapolda baru untuk Provinsi Banten. Beliau hadir semata-mata karena mempunyai hobi yang sama yaitu nge-gowes sekaligus bentuk dan cara mendekatkatkan diri kepada masyarakat selain daripada bentuk perkenalan Beliau selaku Kapolda baru.

Sekitar pukul 6.00, kami berkumpul di halaman Markas Polres Serang Jalan Ahmad Yani dan memersiapkan segala sesuatunya, terutama sepeda-sepeda yang akan mengantarkan kami ke lokasi. Santiaji pagi itu dipimpin oleh Pak Yudi dari Polda (anggota SXC2). Menurut Kapolda, tujuan dilakukannya acara ini adalah, selain untuk menjaga kesehatan kita semua, juga untuk melaksanakan program kemitraan antara Polri dengan masyarakat. Nantinya, masyarakat diharapkan dapat menjadi jaringan bagi Polri yang dapat memberikan informasi dan melaporkannya kepada pihak Polri.

Setelah berdoa supaya kita diberi keselamatan selama di perjalanan sampai kembali ke rumah masing-masing, sekitar pukul 6.45, rombongan yang berjumlah 68 orang segera meluncur menuju lokasi tujuan. Menyenangkan start saat masih pagi di kala udara masih segar dan belum begitu panas. Sementara paparan vitamin D dari sinar matahari pun masih sangat kaya. Oh ya, karena acara istimewa ini, anggota kehormatan kami pun, Pak Bambang Darmoko, yang juga anggota Polri, datang dari Jakarta untuk bergabung. Selamat gabung kembali Pak!.

Penghentian pertama di pangkalan ojek Desa Umbul Tengah, Jalan Raya Takari, sudah mulai terjadi seleksi alam dengan sendirinya. Beberapa peserta yang belum terbiasa meng-gowes merasakan tantangan tersendiri karena kontur jalanan yang terus menanjak. Kesigapan mengoperasikan shifter yang dikombinasikan dengan kekuatan kayuhan pedal dan ketinggian sadel menjadi hal penting. Di sini, jumlah peserta membengkak karena beberapa goweser dari Cilegon bergabung.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, di sepanjang Jalan Raya Takari, ditempatkan petugas setiap 1-2 km. Para pengendara motor di sekitar Cilowong yang terbiasa tidak menggunakan helm kelihatan sempat kaget karena banyaknya petugas polisi. “Kirain ada razia,” mungkin demikian mereka berpikir. Ada yang berhenti dulu baru pasang helm, ada yang tetap nekat, tentunya dengan wajah malu-malu dan takut-takut, melewati petugas hehehe… Tampaknya, kesadaran untuk menjaga keselamatan pada saat mengendarai sepeda motor dengan menggunakan helm masih kurang. Masyarakat kita masih harus diawasi oleh petugas atau diancam dengan hukuman.

Tiba di Desa Pereng, titik pengecekan terakhir di trek jalan raya, semua peserta sudah berkumpul dan siap memasuki jalan desa dan jalan setapak menuju Rumah Hutan. Tentunya setelah dikurangi beberapa peserta yang sudah dievakuasi dengan menggunakan truk. Mari kita ber-off-road-ria.

Ternyata Kapolda kita adalah seorang goweser tangguh. Jalur ke arah Rumah Hutan yang sebagian licin karena bekas hujan dan tidak pernah terkena sinar matahari, akar-akar yang merintangi jalan, semak-belukar yang menggores kaki-kaki seperti tidak menjadi hambatan yang berarti. “Treknya sangat menantang,” demikian komentar beliau. Malahan beberapa anggotanya yang terkena serangan kram-kram hehehe….

Rombongan terakhir tiba di rumah hutan sekitar pukul 10.00. Masih pagi. Tapi, karena tantangan trek yang lumayan berat, sajian nasi padang dan ikan bakar sangat memuaskan para goweser yang kelelahan dan kelaparan. Terima kasih buat panitia yang telah menyiapkan segala sesuatunya. pengecekan tripmeter, menunjukkan jarak sekitar 21km dari titik start sampai ke Rumah Hutan.

Karena ada kepentingan lain, sekitar pukul 10.30, Kapolda meninggalkan rumah hutan dan kembali ke Serang melewati Kp. Bojong dan memasuki Jalan Raya Takari. Terima kasih kepada beliau dan jajarannya yang telah berpartisipasi dan gowes bareng SXC2. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa lebih sering dilaksanakan supaya kesehatan kita tetap terjaga dan kemitraan yang kuat antara masyarakat dengan Polri semakin terjalin.

Om Iyan yang ikut menjadi penunjuk jalan ke Desa Bojong, ternyata tidak kembali ke rumah hutan. Malah, ia bergabung dengan rombongan langsung turun ke Serang. Rombongan goweser lain masih rehat di rumah hutan sampai dengan sekitar pukul 11.30. Oh ya, menyenangkan melihat Om Andri sudah bisa bersantai, bergelantungan di tali, dan senyum-senyum. Maklum, dia yang paling sibuk di lapangan untuk memersiapkan acara ini. Mungkin perasaannya seperti baru menyelesaikan ujian mata kuliah di hari terakhir ujian. Tinggal bersenang-senang. Terima kasih Om! Terima pula buat tim sweeper dan medis yang luar biasa berperan membantu kelancaran acara ini.

Perjalanan pulang laskar yang tersisa akan melalui Desa Pancanagara di Pabuaran, alih-alih Desa Bojong. Laporannya akan saya berikan pada bagian kedua nanti, insya Allah. Wassalam. (Flash)

13 comments:

Omiyan said...

sory ta kirain yang lain nyusul gowes nganter pak kapolda eh ga tahunya ...hahahahaha

moga Pak Agus ga kapok ..... dan kegiatan sepedaan di Serang makin ramai

fLash said...

foto kedua, aku gak ada, masih jadi penyapu.
foto ketiga, aku gak ada, masih makan, maklum "bibi tutup pintu" hahaha....

Anonymous said...

Selamat SXC2..., semoga bisa semakin berkembang lagi....

asarie said...

mudah mudahan nyepeda bareng jajaran kepolisian selalu berlanjut, kalau tidak sayang banget, kemaren banyak sepeda yang baru baru tuchh....

Premier 3.0 Rasa Xtrada 4.0 said...

Baru Updgrade termasuk tetangga saya makin mantap kayaknya goesannya hahahahaha.....

salut buat semuanya ......

(nunggu laporan dari Pak Yudi kondisi pak kapolda gimana ya sekarang ??)

CoKlat@Chelski said...

Sweeper oh sweeper.....

asarie said...

sekedar menambahkan, kemaren terjadi kejadian yang luar biasa, sepeda di evakuasi pakai PATWAL, banyak hikmah dari acara kemaren, dan berharap ada acara seperti itu lagi....

Premier 3.0 Rasa Xtrada 4.0 said...

Perasaan sepeda kemaren tidak terlalu cape apa pengaruh Hub baru ya hahahahahha

astroz3 said...

Nice Posting...Terima kasih teman2 SXC2...manfaatkan momentum...jaga kekompakan..gowes teruuuuuusss

mars said...

Ditunggu trip-trip berikutnya yg lebih manstab

Anonymous said...

Alhamdulillah dengan ijin Allah SWT semuanya lancar ya... tak d kira jerih payah saya dan rekan2 terlaksana juga.. maaf rekan2 di pos-pos yg seharusnya ada gorengan ma t manis tdk ada malah masakan sundapun malah d ganti padang, maklum padang lbh praktis katanya hee... trmksh kps seluruh anggota SXC2 khususnya pak kus...

Xtrada silver

Anonymous said...

Aha...kram saya krn gak nemu gorengan....trims tmn2 semua.

Anonymous said...

ijin gabung dengan komunitas, bagaimana ?

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons