Thursday, April 08, 2010

Tips Praktis Membeli Sepeda Gunung (MTB)

Bersepada selain dapat menyehatkan, juga dapat turut berperan dalam mengurangi polusi udara (global warming). Beberapa pihak berupaya menggalakkan aktifitas ini, baik melalui komunitas Bike To Work (BTW) yang digagas forum independent ataupun Sego Segawe yang digagas resmi oleh Pemkot Yogyakarta (Sepada Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe = Sepeda untuk sekolah dan Berkerja). Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) merupakan salah satu jenis sepeda yang bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut, baik untuk kebutuhan olah raga, sekolah maupun bekerja. Untuk itu dalam pembelian sepeda gunung, sebaiknya anda mendasarkan pertimbangan pada fungsi kegunaan dan medan yang akan dialui. Berikut ini Tips membeli sepeda gunung:



1. Kenali Type Sepeda Gunung. Ada beberapa tipe sepeda gunung yang perlu anda kenali sebelum membeli, Yaitu tipe downhill (DH), Freeride (FR), Dirtjump (DJ), Cross Country (XC) dan All Mountain (AM). Pemilihan tipe sepeda sebaiknya anda sesuaikan dengan jenis aktifitas serta karakter madan yang akan anda tempuh.

a) Tipe Downhill (DH) seperti gambar 1 dan 2, dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda DH tidak mengutamakan kenyaman mengayuh karena hanya dipakai untuk turun gunung. Sepeda downhill juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para downhiller tidak mengayuh sepeda mereka namun diangkut dengan mobil. Tipe ini tidak efisien apabila dipergunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.

b) Tipe Freeride (FR) seperti gambar 3, Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi dan kondisi ekstrim sejenisnya. Bodinya kuat namun tidak secepat dan selincah tipe all mountain (AM) karena bobotnya yang lebih berat. Kurang cocok untuk dipakai jarak jauh.

c) Tipe Cross Country (XC) seperti gambar 4, dirancang untuk lintas alam ringan hingga sedang. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh dan menanjak di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan. Biasanya cukup dengan tipe Hardtail (suspensi depan).

d) Tipe Dirt Jump (DJ) seperti gambar 5, didesain untuk melakukan aktifitas lompatan-lompatan tinggi dan extreme, seperti halnya sepeda-sepeda BMX. Bentuk frame DJ biasanya berkesan kokoh dan gaya, namun agak terasa berat untuk jalur menanjak. DJ untuk keperluan Cross Country, biasanya dikombinasi dengan menggunakan solusi berupa memperingan komponen-komponen penyusun lainnya seperti fork, velg ataupun crank.

e) Tipe All Mountain (AM) seperti gambar 6, dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension (suspensi depan dan belakang.

2. Pembelian Model Custom atau Full Bike. Kedua faktor ini biasanya merupakan langkah awal dalam pembelian sepeda gunung, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan pembelian model custom, anda dapat menentukan sendiri komponen-komponen penyusun dari sepeda anda, seperti model frame, jenis crank, tipe fork maupun merk shifter-nya. Pemahaman anda terhadap detil sepeda sangat diperlukan di sini. Untuk pemula yang akan menggunakan model pembelian ini, sebaiknya memerlukan rekan pendamping yang lebih paham (advance-level) detil sepeda gunung, agar pemilihan komponen bisa tepat dan nyaman dipergunakan. Sebaliknya dengan pembelian model Full Bike, pemula tidak terlalu dipusingkan oleh item-item komponen. Setiap merk biasanya sudah menyiapkan satu unit sepeda yang telah di kustomisasi (mix and match) sesuai standar pabrik, misalnya merk Giant, Specialized, KHS ataupun Polygon. Dengan demikian harganya juga bertingkat mulai dari low-end sampai high-end, dengan kisaran harga mulai dari sekitar 1.5 juta s/d puluhan juta rupiah, tergantung kustomisasi komponen penyusun sepeda gunung. Di sini anda perlu sedikit jeli, mengamati detil komponennya, terutama pada shifter, breaker dan crank. Jangan ragu untuk mencoba mengendarainya (test-drive) sebelum membeli untuk memastikan kombinasi komponen-komponen tersebut telah nyaman dan sesuai dengan Anda.

3. Pembelian Tangan Kedua (Second-Hand). Tidak hanya mobil atau motor, sepeda gunung pun bisa dibeli melalui tangan kedua (second-hand). Memang memperoleh second-hand sepeda gunung tidak semudah second-hand mobil/motor. Kuncin dari pemblian model ini adalah network yang luas dan sabar. Pergunakan network komunitas anda untuk memperoleh informasi tersebut. Karena biasanya publikasi penjualan sepeda gunung second hand berdasarkan obrolan dari-mulut-ke-mulut. Anda perlu bersabar dalam hunting sepeda gunung second-hand, mengingat tidak setiap hari orang menjual sepeda gunungnya. Jalan tengah yang sering ditempuh adalah dengan membeli komponen demi komponen yang dijual second-hand secara terpisah, untuk kemudian Anda satukan dan anda rakit menjadi 1 unit sepeda. Beberapa komponen sepeda gunung seperti frame, crank bahkan full bike jenis second hand juga sering ditawarkan melalui internet, baik dari show room di dalam negeri maupun luar negeri. Pembelian model ini sangat cocok untuk anda dengan anggaran terbatas.

4. Harga Pembanding. Setelah anda yakin dengan jenis sepeda gunung yang anda incar, jangan terburu-buru membeli. Cobalah sedikit mencari harga pembanding baik melalui beberapa toko di kota anda ataupun browsing melalui internet.

5. Bergabung dengan Forum Komunitas Sepeda. Untuk lebih memahami seluk beluk sepeda gunung, tidak ada salahnya anda bergabung terlebih dahulu dengan salah satu komunitas sepeda di lingkungan anda, bisa di lingkungan kerja, lingkungan kampus ataupun forum komunitas online di internet, seperti www.b2w-jogja.web.id , www.b2w-indonesia.or.id, www. sepedaan.com dan sejenisnya. Di forum tersebut, anda dapat mendengarkan, menanyakan sekaligus meminta saran dan pertimbangan segala hal tentang seluk beluk sepeda berdasarkan hands-on experience mereka, yang dapat anda jadikan dasar pembelian sepeda

Sumber : Tipsanda.com

20 comments:

mars said...

Jadi pengen bangun sepeda DH neh...
Nabung dulu ach...nabung apa dulu ya...
Frame, groupset, fork, ehmm...jadi bingung...

Anonymous said...

bos mars nabung belnya dulu deh.. atau karet stang...

Anonymous said...

Trimakasih bro... atas informasinya, jadi kepingin juga nih ngebangun sepeda... yu mari kita nabung... supaya terwujud keinginan kita.

Pinarello said...

agar lebih jelas gabung aja ama sxc2....trs ada sepeda yg mau dijual jg lho Pinarello (mantan alumnus UK alias Ujung Kulon)...hehehehe

Premier 3.0 said...

Pak yusman kayaknya ga puas nih mau ganti kayak pak yudi ya hehehehe...

sms donk berapa dilepas hihihihih

Pinarello said...

Om Iyan bisa aja...klu sempat main aja ke rumah insa Allah besok di rakit

Anonymous said...

Pinarello mau dilepas . .. .. Apa kata dunia!!!

Premier 3.0 said...

ehm ..... (ngelirik pak dudi) ... kapan ya pak dudi mau ngelepas Victor eh Vector hehehe

mars said...

Dah om mw dilepas brp deh...tar diiklanin...
Kemaren ada yG nanya tuh...

Anonymous said...

test

Anonymous said...

gan,,numpang nanya donk jenis sepeda yang cocok untuk wilayah jakarta jenis apa y???

maklum baru,,,

thnk b4

dika kangprabu01 said...

Salam gowes gan

dika kangprabu01 said...
This comment has been removed by the author.
dika kangprabu01 said...

Pake sepeda pasifik aja gan bagus buat jalanan apa aja,sepengalaman saya pake pasifik ga ada masalah harga murmer lagi pas dengan kebutuhan...

Kaka 79 said...

gan,mau tanya dong,,perbedaan sepeda PACIFIC dg merk lokal yg lain,frame nya sama-sama alloy,groupset sama-sama dari SHIMANO,,tapi dg groupset/part yg sama harga PACIFIC jauh di bawah ketiga merk lokal,,,jd galau nih,

Aji Kurniawan said...

Permisi ...

Kami Menjual Sepeda Dan Pelg/Ban Produk Import Original Harga Murah

- Pro Java wheelset
3kg
Harga Rp. 800.000

Spesifikasi SBB :

Pro Java MTB Wheel Set ( Putih )
100 % Baru , Sealed Bantalan
Sertakan Quick Release
Untuk Disc Brake .

- WHEELSET MAVIC CROSSMAX ENDURO UKURAN RODA 27,5
Harga Rp. 6.500.000

INCLUDE 1 PASANG BAN 650 X 2.40
FRONT ADA ADAPTOR UNTUK TA 15MM DAN 20MM
REAR ADA ADAPTOR UNTUK 135*9MM DAN 142*12MM.

- Mavic Crossmax SL 27.5/650B 2015 (Made In Rumania)

Harga Rp. 5.300.000

Made in Rumania
- Toolset Lengkap
- Hub depan bisa ta15mm or qr
- Hub belakang QR, 142x12mm

- Set roda MAVIC Cosmic SL roadbike

Harga Rp 5.400.000

roda karbon mengatur Cosmic SL roadbike Kondisi Baru 100 %
Ukuran ( s ) : 700C
Model : yg menentukan
Rim Bahan : Mavic Maxtal aluminium / karbon
Hub ( s ) : Mavic QRM +
Jari-jari (Front / Rear ) : Aero stainless steel
Lubang (Front / Rear ) : 16/20
Puting : Kuningan
Tusuk ( s ) : Mavic
Berat (Front / Rear ) : 780/960 gram
Hantaman (Front / Rear ) : Radial / Radial & 2 - lintas
Kompatibilitas kaset : Shimano / SRAM / Campagnolo ( BEBAS PILIH )
Ekstra alat , roda magnet , extender katup , bantalan kunci pas .

- Fulcrum Red Metal Zero XRP Tubeless Carbon 6 bolt

Harga Rp.4.000.000

DESKRIPSI BARANG
Fulcrum Red Metal Zero XRP Tubeless Carbon 6 bolt
- belakang qr
- depan qr dan TA 15mm
- Toolset lengkap

- WHEEL SET REYNOLD 46 CLINCER

Harga Rp. 6.000.000

1. Kondisi second, tidak ada cacat carbonnya, scrath normal karena pemakaian., layak pakai
2. Brand Reynolds Forty Six Free wheel bisa memilih mau buat shimano/Sram or campy
4. Rim Depth : 46mm
5. Spokes : 20-24 (Radial,2X) DT Aero
6. Berat : 1432g
7. Hubs : Front Reynolds, Rear DT Swiss
8. QR Original include.

- WHEELSET SHIMANO DURA ACE 9000 C24 CLINCHER

Harga Rp. 7.000.000

1. Kondisi 100% baru
2. Shimano Dura Ace9000 (WHSpesifikasi :
-. Untuk 11Speed bisa dipakai di 10Speed dengan ring
-. Bahan carbon alloy lebar 20,8mm
-. Spoke Berat 384g

- Carbon XENTIS SQUAD

Harga Rp. 8.500.000

fastest mtb wheels 26inch
fizik barang mulus masih spt baru kondisinya

barang kondisi masih perfect kaya baru semua (di jamin )
ready to tubelles
full carbon rims dan original equipment dari xentis
6 bolt
depan qr dan belakang qr'
kelengkapan yg akan di bawakan antara lain
--QR sepasang
-- adapter converter utk ta 15 roda depan dan roda belakang bisa ta 142x12mm
-- ban maxlite maxxis 285gram tidak termasuk
utk spek detail dan material quality.

- Roval Rapide CL40 Sram Shimano Zipp New
Khusus Roval Rapide CLX 40 Carbon yg menentukan wheelset 700C. Shimano / SRAM.

Harga Rp. 7.500.000

Rapide CLX 40 yg karbon penuh menciptakan sempurna all-around ras wheelset. Dioptimalkan bentuk pelek aerodinamis melalui angin, sambil menjaga penanganan stabil yakin bagian kotak pelek. Sebuah rim internal dan eksternal yang luas menyediakan profil ban yang lebih baik untuk penanganan dan kekakuan sangat tepat. Pada berat 1,396g itu masih cukup ringan untuk mendaki gunung tertinggi.

Kinerja tinggi serat karbon wheelset
40mm rim 700C Permukaan karbon rem Roval dengan bantalan Ceramic rim internal yang luas untuk meningkatkan bentuk ban

SPESIFIKASI:

Rim Bahan : karbon
Pengereman Permukaan : karbon
Tinggi Rem: 9mm
Rim Kedalaman : 40mm Rim Lebar : 16.2mm internal,23mm, eksternal
Depan Spoke Pola : radial
Pola Belakang : radial / 2 - lintas ( 2 : 1 )
18 depan, 24 belakang
Jenis : paduan Bulat DT
Depan: Roval bantalan Ceramic Speed, karbon / paduan shell.


#- KAMI JUGA MENYEDIAKAN PENJUAL MOTOR TRAIL (CROSS), ATV DAN HELMET.

Khusus Bagi Yang Berminat Dan Serius.

Ichwan Hadi S - Hub: 0857-5619-0217

Alamat: Jl. Muding Buit Gg. Rahayu III No.7, Kerobokan, Denpasar-Bali.

Joseph said...

Nice post. I was looking like this. Really it is very useful and informative post. Thanks for sharing. Thanks again! click here

florent diamant said...

Good news. best regards from Timor Leste

Rakibul Islam said...

Bersepada selain dapat menyehatkan, juga dapat turut berperan dalam mengurangi polusi udara (a worldwide temperature alteration). Beberapa pihak berupaya menggalakkan aktifitas ini, baik melalui komunitas Bike To Work (BTW) yang digagas gathering autonomous ataupun Sego Segawe yang digagas resmi oleh Pemkot Yogyakarta.

adil sattar said...

bike jenis second hand juga sering ditawarkan melalui internet, baik dari show room di dalam negeri maupun luar negeri. Edward

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons