Monday, May 30, 2011

PERSIAPAN GOWES KE SAWARNA: GOWES KE GEREM

Assalamualaykum Wr.Wb.

Goweser semua, apa kabar? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan tetap diberi kesehatan jasmani maupun rohani.

Hari Sabtu tanggal 28 Mei 2011 kemarin merupakan minggu terakhir sebelum kami berencana gowes ke Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten. Oleh karena itu, kami manfaatkan untuk melakukan pemanasan. Tujuan kami adalah Kp. Gerem, sekalian memenuhi undangan Om Opix yang syukuran karena pindahan ke rumah baru. Semoga berkah ya, Om!

Tidak terlalu banyak peserta kali ini, ada Om Agus dan Om Andri yang gowes cuma sampai Kramatwatu sambil “mengasuh” dua yuniornya, Om Mars, Om Yus, Om Didit, Om Agung, Om Ai, Om Dodo, Om Yopie, Om Danar, Vito, dan saya sendiri. Sengaja semua saya sebut Om-Om, supaya tetap awet muda, kecuali Vito yang memang masih muda hehehe…

Untuk mengurangi serbuan kendaraan bermotor dan polusinya, kami akan keluar-masuk kampung dimulai dari Unyur, Jalan Raya Banten, kemudian menyusuri saluran irigasi dari Kasemen menuju Kramatwatu. Om Prie ber-flying start di Kaligandu, Om Chupet baru bergabung sambil makan pisang goreng di sebuah warung di Unyur. Udah bayar belum tuh?

Debit air irigasi sedang turun dan keruh tapi penduduk sekitar masih bersemangat ber-MCK-ria. Sementara, karena permukaan air lebih rendah daripada sawah, terpaksa para petani harus memakai pompa untuk menaikkan air. Juga, tampak berdiri gagah, menara Sutet yang belum terpakai laksana robot Voltus 5. Kami mengitari Tasik Ardi sebentar sebelum masuk lagi ke jalur irigasi. Masih sekitar saluran ini, kembali ban Om Ai bocor,,, kejadian kedua dalam dua minggu.

Mencapai Jalan Kramatwatu-Banten Lama, Om Agus, Om Andri, dan dua temannya berbelok ke arah Kramatwatu untuk kembali ke Serang. Perjalanan dilanjutkan keluar-masuk kampung sampai ke Kp. Terate. Intinya, kalau saya disuruh mengulang trek ini, bisa dipastikan akan nyasar. Belok sini, belok sana hehehe… Akhirnya, muncul juga kami di Jalan Raya Bojonegara, kemudian menuju Panggung Rawi dan menyusuri pinggir jalan tol. Sampai enam kali kami harus memotong jalan tol hehehe…. Bayangkan, enam kali! Pantas saja jaraknya melar hehehe…. Om Prie sudah menghilang duluan balik ke Kramatwatu. Lapisan jalan adalah batu-batu tanpa aspal yang membuat kayuhan sepeda menjadi berat karena selip, sementara lontaran batu-batu dari ban-ban mobil sangat membahayakan.

Di Jalan Pierre Tendean, Cilegon, kami melihat rumah-rumah besar yang biasanya hanya kita lihat di sinetron-sinetron lokal atau di kawasan Pondok Indah, di selatan Jakarta. Sempat terpikir, bagaimana kalau mau ganti lampu yang putus ya, langit-langitnya tinggi amat. Biasanya kalau di rumah, dengan tangga 1,5 m saja, sudah bisa hehehe….

Kami rehat sejenak di sebuah warung di Komplek PT Krakatau Steel untuk gorengan dan teh manis tentunya. Sayang, lokasinya terlalu dekat dengan tempat pembuangan sampah sementara, jadi kurang beraroma sedap.

Di Purwakarta, Om Opix sudah menunggu, tentunya belum berkeringat, karena masih dekat rumah hehehe… Waktu sudah menunjukkan pukul 10:30-an, perjalanan dilanjutkan langsung menuju kediamannya untuk jamuan makan siang. Kami mengitari kaki bukit Gerem (sudah kami taklukkan sampai ke puncak lho, heheheh…) sampai ketinggian cuma 84 m dpl saja. Akhirnya, menjelang tengah hari, tiba juga di tujuan dan dijamu menu spesial, rabeg dan balado jengkol, hayyah…. Om Prie ternyata sudah menunggu di sini karena memakai motor bersama dua anaknya.

Sampai sini, kami sudah mencapai jarak 40,56 km dengan waktu gowes efektif 2:44:40 jam. Kecepatan rata-rata adalah 14,8 km/j dan maksimum 29,1 km/j.

Oh ya, kami tadi sudah melewati Kp. Lamongan (di Kramatwatu), Kec. Grogol, dan Kec. Purwakarta hehehe…. Nama-nama yang identik dengan tempat lain.

Setelah kenyang, solat dzuhur, dan Chupet jualan habbatus sauda, kami lanjutkan gowes pulang ke Serang. Kali ini trek akan menempuh jalanan aspal dari Jalan Raya Merak dan Jalan Raya Serang. Sudah dapat diprediksi memang, kendaraan-kendaraan besar, angkot, motor, dan polusinya banyak mengganggu perjalanan kami. Tetap berkonsentrasi dan berhati-hati!

Sebelum lewat Markas Kopassus, Taman, kami mampir sejenak untuk jajan es kelapa muda dicampur gula merah. Maknyooss untuk melawan teriknya matahari waktu itu, sekitar pukul 14.30. Anehnya, di sini Vito ketemu teman kampusnya. Dulu di Padarincang saja, bisa ketemu teman kampusnya juga. Banyak juga temanmu, Vit hehehe…. Om Didit balik duluan karena ada keperluan pribadi. Om,,,, belum bayar! Sementara, Om Yopie terkantuk-kantuk sambil tiduran di kursi bekas salon untuk cuci rambut.

Akhirnya, perjalanan dilanjutkan kembali. Rombongan sampai tersusul Om Agus di Taktakan yang memakai mobil kali ini….

Sampai di rumah menjelang ashar, alhamdulillah. Perjalanan pulang mencapai jarak lebih pendek, yaitu 23,93 km, dengan waktu gowes efektif 1:21:36 jam. Kecepatan rata-rata 17,6 km/j dan maksimum 35,5 km/j. Alhasil, total jarak hari itu adalah 64,49 km dengan waktu gowes efektif 4:06:16 jam. Jadi, putar-putar keluar-masuk kampung tadi pagi hampir dua kali lipat jaraknya daripada jalanan aspal hehehehe…. Mudah-mudahan jadi bekal aklitimasi buat gowes ke Sawarna tanggal 2-3 Juni 2011.

Wassalam.

6 comments:

fLash said...

kalo tahu gak jadi up-hill ke Purut Lampung, mending aku pake motor atau mobil aja ke Geremnya hehehe....

yusman said...

yunior nya om Andrie nama Annisa klu yg laki-laki ga tau namanya

Cah Cla-10 said...

P yusman, yg dihapalin hy cewe'nya aja...yg cowo'nya namanya mas hari..pak....

mars said...

Kalo ndak salah 4 kali lewat terowongan tol...
Makasih om Opick tuk hidangannya.

Vitz said...

nice post Pak Dida, eh salah Om Dida aja biar tampa awet muda, heheh..
ditunggu atuh Postingan Sawarnanya...
wkwkwk

Anonymous said...

Pantai Sawarna memang cukup indah sekali,sekedar info buat anda yg akan berkunjung ke pantai sawarna,anda bisa menggunakan jasa ' Bayah Maliba travel ',Maliba travel adalah travel regular,melayani penjemputan perorangan dari jakarta,serang,bandung,bogor dan sekitarnya juga dari bandar udara soekarno hatta menuju Pantai Sawarna,maliba travel beroperasi setiap hari,untuk info lebih lengkapnya bisa menghubungi 021-55700332 atau 0252-401311,kunjungi juga http://bayahmalibatravel.blogspot.com.

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons