Monday, January 30, 2012

EXPEDISI GOWES MENGITAR GUNUNG RAJABASA ETAPPE III: WAY URANG-PANTAI BAGUS

Sebelumnya saya minta maaf karena Om Yopie belum tersebut di laporan sebelumnya padahal beliaulah yang mengambil gambar kami sebelum berangkat. Mungkin karena kedatangannya tidak berjersi membuatnya terlupakan hehehe....
Balik lagi ke Kalianda, kami menginap semalam di sebuah hotel sederhana, Way Urang namanya. Dua kamar digunakan oleh masing-masing 3 dan 4 orang. Pengatur suhu ruangan di kamar tidak terlalu dingin. Makanya, kami langsung berkeringat walaupun barusan mandi. Hanya, menjelang subuh, baru terasa dingin di kaki. Om Didit terpaksa tarik selimut, padahal yang lain kegerahan. Dasar anak mami hehehe... Sebelumnya,di kapal juga ada anak mami. Ternyata, SXC2 banyak anak mami hehehe....

Pukul 06.30 sarapan pagi di hotel. Terbayang, nasi goreng dengan telor mata sapi. Apa daya, datangnya nasi uduk seukuran kobokan. Bisa menambah energi buat gowes tidak, ya? Tak apalah, tetap harus kita syukuri. Melihat sadel sepeda seperti melihat hantu. Takut. Tapi alhamdulillah, setelah dicoba duduk di sadel, rasanya biasa lagi. Akhirnya, selepas jam 8, perjalanan kami lanjutkan.
Tujuan kami selanjutnya adalah gowes ke kawasan Krakatoa Resort di sebelah utara Kota Kalianda melalui trek Jalinsum kembali. Setiap orang yang kami tanya kemana tempat wisata di kota ini, semua menyebutkan tempat ini. Jadi penasaran. Selanjutnya, baru kami melewati Kota Kalianda yang memanjang sepanjang Jalinsum. Kami melewati Tugu Perjuangan Lampung Selatan yang tampak kurang terawat, tentunya untuk memeringati perjuangan rakyat Lampung Selatan terhadap penjajah.
Di kota ini juga ternyata ada Pondok Modern Darussalam Gontor 9, salah satu cabang dari Pondok Modern Darussalam Gontor yang tepatnya terletak di Dusun Kubupanglima, Desa Tajimalela, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Tidak ketinggalan, kami melewati rumah dinas Bupati Lampung Selatan yang indah yang terletak di Jalinsum ini, seperti rumah-rumah dalam sinetron. Perlu diketahui, Bupati Lampung Selatan Ryco Menoza adalah anak dari Gubernur Lampung Sjachroedin ZP. Yah, mudah-mudahan saja kolaborasi ayah-anak ini bisa memajukan daerahnya. Di sekitar pusat pemerintahan Lampung Selatan, kami juga melihat patung yang masih terbungkus, dialah patung Gubernur pertama Provinsi Lampung, Zainal Abidin Pagaralam. Tujuannya adalah selain menambah keindahan kota, juga menjadi ikon baru bagi kota ini.
Baiklah, kita tinggalkan kota Kalianda. Menuju utara melintasi Jalinsum tetap harus ekstra hati-hati. Selain truk-truk raksasa, mobil-mobil travel berjalan dengan kecepatan tinggi seperti tidak memunyai rem. Trek cenderung datar karena kami berada beberapa ratus meter saja dari bibir pantai. Ketinggian pun hanya berkisar pada 20-55 m saja.
Untunglah, setelah 10 km gowes, kami tinggalkan Jalinsum dan memasuki Jalan Pantai Marina yang lebih kecil tapi mulus menuju ke lokasi. Banyak pantai yang menjadi tujuan wisata di sini, seperti pantai eMBe, pantai bagus, Grand Elti Krakatoa Resort, dan lain-lain. Hanya sayang, seperti di Carita dan Anyer, sangat jarang kawasan pantai yang gratis alias tidak dipungut biaya. Semua dikenakan retribusi.
Karena nasi uduk yang kami makan sudah habis dicerna padahal masih jam 9-an, kami harus cari warung untuk intel alias indomie telor. Inilah yang membuat perut para goweser tidak juga kempes. Ya sudah, sekalian mengisi energi untuk balik ke Bakau Heni, kami mampir di pantai bagus sebagai pitstop untuk lesehan makan intel dan teh manis. Jarak dari Way Urang sampai sini hanya sekitar 18 km. Cukup untuk pemanasan menjelang gowes selanjutnya.



7 comments:

ika widi said...

mantapp

fLash said...

Grand Elti Krakatoa kemahalan buat backpacker-goweser mah :)

mars said...

Tapi security elti baik jg, akhirnya kita digratiskan...mungkin kesian jg kali ma kita

yopie tea said...

hatur nuhun..... kang Didda..... hehehehehe....

Chelski@CoKlat said...

untuk masuk resort dan pantai hanya dibutuhkan teknik negoisasi dan tampang memelas om...hehehehe

Vitz said...

wahahah, jadi nyesel tidak ikut nihhh...

omars said...

nyesel mah pasti atuh mas...secara kesempatan yg langka...

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons